Minggu, 08 Februari 2015

#EksploreJogja PESONA CANDI BAWAH TANAH SAMBISARI

Assalamualaikum Blogger..
Ngomong-ngomong soal explore wisata di Jogja, jadi keinget tahun kemaren 2014 pas suntuk-suntuknya tiba-tiba terbersit buat refreshing dadakan sama temen-temen ke Candi. Kalo kata anak zaman sekarang dibilang "kurang piknik". Karena cuma weekend dan gak begitu suka wisata yang jauh akhirnya kita explore wisata candi yang masih dalam sekitar Jogja dan masih sepi. Sepi dalam artian belum banyak pengunjung yang datang seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan, Candi Boko dll.
So here's .... 
Postingan saya kali ini tentang #EksploreJogja Pesona Candi Bawah Tanah Sambisari yang masih belum dikunjungi banyak orang.

Candi Sambisari
















Candi Sambisari adalah candi Hindu (Siwa) yang berada kira-kira 12 km di sebelah timur kota Yogyakarta ke arah kota Solo atau kira-kira 4 km sebelum kompleks Candi Prambanan. Candi ini dibangun pada abad ke-9 pada masa pemerintahan raja Rakai Garung pada zaman Kerajaan Mataram KunoCandi ini ditemukan pada tahun 1966 oleh seorang petani di Desa Sambisari dan dipugar pada tahun 1986 oleh Dinas Purbakala. Nama desa ini kemudian diabadikan menjadi nama candi tersebut. Posisi Candi Sambisari terletak 6,5 meter di bawah permukaan tanah, kemungkinan besar karena tertimbun lahar dari Gunung Merapi yang meletus secara besar-besaran pada awal abad ke-11 (kemungkinan tahun 1006). Hal ini terlihat dari banyaknya batu material volkanik di sekitar candi. Candi Sambisari dikelilingi oleh pagar batu dengan ukuran 50m x 48m, kompleks ini mempunyai candi utama didampingi oleh tiga candi perwara (pendamping). Pada bagian luar dinding bangunan utama terdapat relung yang berisi patung Durga Mahisasuramardini (di sebelah utara), patung Ganesha (sebelah timur), patung Agastya (sebelah selatan), dan di sebelah barat terdapat dua patung dewa penjaga pintu: Mahakala dan Nandiswara. Di dalam candi utama terdapat lingga dan yoni dengan ukuran cukup besar. Pada saat penggalian ditemukan berbagai benda lainnya di antaranya adalah beberapa tembikar, perhiasan, cermin logam, serta prasasti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar