Rabu, 14 April 2010

POSTER PEMBELAJARAN (Makalah)


A. Kriteria Poster Pembelajaran yang Baik
Poster pembelajaran dalam dunia pendidikan cukup memiliki peran yang sangat penting saat proses pembelajaran. Dalam hal ini agar poster pembelajaran digunakan secara efektif maka kita perlu tahu mengenai kriteria poster pembelajaran yang tersebut.
Poster tidak hanya penting untuk menyampaikan kesan-kesan tertentu tetapi dia mampu pula untuk mempengaruhi dan memotivasi tingkah laku orang yang melihatnya.


Kriteria poster yang baik hendaklah:
1. Sedehana
Dalam hal ini yang dimaksud sederhana itu adalah poster ditampilakan tidak banyak tulisan, dan ringkas dibatasi hal-hal yang penting saja. Tetapi antara gambar dan tulisan harus punya maksud yang berkesinambungan. Karena tujuan dari pembuatan poster itu sendiri supaya yang melihat tahu maksud pesan yang disampaikan poster tersebut dan pesan dengan maksud untuk menangkap perhatian orang yang lewat tetapi cukup lama menanamkan gagasan yang berarti didalam ingatannya.
2. Menyajikan satu ide dan untuk mencapai suatu tujuan yang pokok
Tujuan dari penyampaian pesan dalan poster tersebut harus jelas dan fokus sesuai gagasan yang telah dibuat. Jadi pesan yang disampaikan dalam poster tidak boleh melenceng dari tujuan semula.
3. Bewarna
Warna yang digunakan harus menarik perhatian yang melihatnya dan didesain sesuai keharmonisan antara gambar dan tulisan dalam poster tersebut. Karena ketepatan menentukan warna sangat berpengaruh dalam keindahan poster yang ditampilkan.
4. Slogannya ringkas dan jitu
Pemilihan kata yang digunakan harus singkat, padat, dan jelas, dan bertele-tele sehingga penikmat poster cepat memahami apa maksud pesan yang disampaikan dari poster tersebut.
5. Tulisannya jelas
Tulisan yang dipakai adalah bentuk tulisan yang sederhana, mudah dibaca, dan komunikatif.
Tulisan yang digunakan harus disesuaikan dengan tata letak poster itu sendiri. dalam pemilihan warna, tulisan (besar-kecilnya), background, serta gambar harus tepat agar tulisan yang ada didalamnya bisa terbaca, jangan menimbulkan makna ambigu didalamnya supaya tidak terjadi miss conception.
6. Motif dan desain bervariasi
Supaya dalam penyampainan poster tidak membosankan. Jadi poster harus didesain sekreatif mungkin agar selalu menarik bagi siapa yang melihatnya.
7. Tepat guna
Dalam hal ini tepat guna dimaksudkan sasaran yang dituju dalam pembuatan poster itu, yaitu untuk siapa poster itu ditujukan. Dalam pembelajaran poster ditujukan sesuai jenjangnya.

B. Aplikasi poster sebagai media dalam pembelajaran
Menurut Sudjana dan Rivai (2005: 56), ada beberapa macam penguunaan poster sebagai media pembelajaran di kelas adalah sebagai berikut:
a. Untuk motivasi
Penggunaan poster dalam pengajaran sebagai pendorong atau motivasi kegiatan belajar siswa dengan menggunakan poster-poster yang dapat memotivasi para peserta didik itu sendiri.
b. Sebagai peringatan
Penggunaan poster yang kedua, diartikan sebagai suatu peringatan atau menyadarkan. Poster bisa menyadarkan setiap anak sekolah dasar bahwa menggosok gigi itu sangat penting, memerlihara kebersihan lingkungan dapat mencegah penyakit dan lain-lain.
c. Pengalaman yang kreatif
Sebagai alat bantu mengajar poster memberi kemungkinan belajar kreatif dan partisipasi. Kehadiran poster dalam proses belajar mengajar memberi kesempatan kepada siswa untuk melukiskan tentang apa-apa yang dipelajari mereka. Dengan perkataan lain, poster memberikan pengalaman baru sehingga menumbuhkan kreativitas siswa dalam belajarnya.
C. Kelebihan dan Kelemahan Poster Media Pembelajaran
Dalam penggunaan poster sebagai media pembelajaran tentu tak lepas dari kelebihan dan kekurangannya sebagaimana media-media pembelajaran yang lain.
1. Kelebihan
Adapun kelebihan dari poster sebagai media dalam pembelajaran adalah:
a. Memiliki kekuatan dramatik yang begitu tinggi sehingga memikat dan menarik perhatian.
b. Merangsang motivasi belajar.
Poster dapat merangsang anak untuk mempelajari lebih jauh dan atau ingin lebih tahu hakikat dari pesan yang disampaikan
c. Simple.
d. Memiliki makna yang luas
e. Dapat dinikmati secara individual dan klasikial
f. Dapat dipasang/ditempelkan di mana-mana, sehingga memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mempelajari dan mengingat kembali apa yang telah dipelajari.
g. Dapat menyarankan perubahan tingkah laku kepada peserta didik yang melihatnya.

2. Kelemahan
Adapun kelemahan yang terdapat pada penggunaan poster sebagai media pembelajaran :
a. Sangat dipengaruhi oleh tingkat pengetahuan orang yang melihatnya.
b. Karena tidak adanya penjelasan yang terinci, maka dapat menimbulkan interpretasi yang bermacam-macam dan mungkin merugikan.
c. Suatu poster akan banyak mengandung arti/makna bagi kalangan tertentu, tetapi dapat juga tidak menarik bagi kalangan yang lainnya.
d. Bila poster terpasang atau terpancang terlalu lama di suatu tempat, maka akan berkurang nilainya, bahkan akan membosankan orang yang melihatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar